Rabu, 30 November 2011

RPP AQIDAH SMA MUHAMMADIYAH KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajara                    :  Aqidah
Satuan Pendidikan          : SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Kelas/Semester                               : XII/Ganjil
Jumlah pertemuan         : 2×45 menit
Pertemuan                         :
A.      Standar Kompetensi
Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qodar
B.      Kompetensi Dasar
Siswa mampu memahami pengertian iman kepada qadha’ dan qodar serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
C.      Indikator
1.       Siswa dapat menyebutkan tiga pandangan umat islam tentang iman kepada qadha’ dan qodar
2.       Siswa dapat menyebutkan hikmah iman kepada qadha’ dan qodar
D.      Tujuan
1. siswa dapat menjelaskan sikap muslim terhadap qadha’ dan qodar serta dapat menyebutkan hikmah hikmah adanya qadha’ dan qodar
E.       Materi Ajar
1. sikap muslim terhadap qadha’ dan qodar
2. hikmah iman kepada qadha’ dan qodar
F.        Metode Pembelajaran
Metode :             Ceramah, Tanya Jawab Dan Diskusi

G.   Kegiatan Pembelajaran
        1. Pertemuan Pertama (45 Menit)
•Pendahuluan (5 Menit)
Pembuka
1.       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam
2.       Guru mengajak siswa untuk membaca basmalah                            
3.       Guru menanyai kondisi siswa baik yang hadir maupun tidak hadir
Motivasi Dan Apersepsi
Guru Memberika Semangat dan Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Supaya Dalam Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Maksimal. Guru Menyamakan persepsi siswa dalam pelajarana yang akan dipelajari bersama dan menanyakan pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya.
•Kegiatan Inti (30 Menit)
1. Eksplorasi
a. Siswa mempersiapkan buku tulis dan buku modul
b. Siwa menyebutkan macam-macam golongan yang ada di tengah-tengah umat islam(karakter: percaya diri dan berani)
c. guru memberikan gambaran pandangan tentang golongan umat islam tentang memahami qadha’ dan qodar(karakter : menambah tsaqofah islamiyah,)
d. guru memberikan pertanyaan tentang hikmah kepada qadha’ dan qodar
2. Elaborasi
a. siswa mempersiapkan hasil pemikirannya tetang macam-macam golongan umat islam
b. siswa membandingkan jawaban hikmah kepada qadha dan qodar dengan materi yang ada di dalam modul
3. konfirmasi
a. Siswa mempresentasikan hasil pemikirannya tentang macam macam golongan umat islam tentang memahami qadha’ dan qodar (karakter : percaya diri)
b. Siswa lain menanggapi dari presentasi siswa yang maju (karakter : menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri)
c. Siswa lain bergantian mempresentasikan
d. guru memberikan apresiasi, masukan jawaban yang belum terjawab dan membenarkan jawaban yang salah ((karakter : menghargai hasil orang lain)
 •Penutup (10 Menit)
a. Guru memberikan penghargaan bagi siswa
b. guru memberikan dan meluruskan jika ada yang salah
H       Penilaian Hasil Belajar
NO
Tekhnik
Bentuk
Instrumen
Kunci Jawaban
1
Lisan
Uraian
1. Terangkan macam macam golongan umat islam tentang qadha dan qadar
1. golongan jabariyah : bahwa qadha dan qadar Allah adalah penentu yang tidak akan terpengaruh oleh usaha manusia.
2. qodariyah : bahwa manusia berhak menentukan semua perbuatan dan mempunyai kebebasan yang mutlak.
3. ahlussunnah: memahaminya dengan jalan tengah antara jabariyah dan qadariyah
2




3
Tulisan
Uraian
2. sebutkan hikmah kepada taqdir
1. menimbulkan kesadaran bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini berjalan sesui dg aturan hokum yang ditetapkan secara pasti oleh Allah SWT
2. mendorong manusia untuk beramal dengan sungguh sungguh untuk mencapai kehidupan dunia akhirat yang baik dg mengikuti hukum sebab akibat yang allah tetapkan
          Penilaian            : Skor tiap nomor 10-100. Missal 200/2 =100
I.       Sumber  belajar, Media dan Alat
          1. Sumber Belajar
          Mochiasin sofyan, pendidikan aqidah untuk SMA/SMK KELAS III, 2004. Majlis dikdasmen PWM DIY
          Sayid sabiq, aqidah islam
          2. Media            : Papan Tulis , With Board,
          3. Alat                 : Spidol,

Yogyakarta 16 September2011

               Mengetahui                                                                                                   Mahasiswa PPL
          Guru Pembimbing

    Abdul Hopid S.Pd.I, . M.Ag                                                                                Husain Rusli Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar