Rabu, 30 November 2011

RPP AQIDAH SMA MUHAMMADIYAH KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajara                    :  Aqidah
Satuan Pendidikan          : SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Kelas/Semester                               : X/Ganjil
Jumlah pertemuan         : 2×45 menit
Pertemuan                         :
A.      Standar Kompetensi
Meningkatkan Pemahaman Tentang Makna Dinul Islam
B.      Kompetensi Dasar
Memahami Pengertian Dinul Islam Serta Menjadikannya Sebagai Pedoman Kehidupan Sehari-Hari
C.      Indikator
1.       Menjelaskan Pengertian Dinul Islam
2.       Menjelaskan Pentingnya Manusia Untuk Beragama dan Berkeyakinan Yang Benar
3.       Menjelaskan Kondisi Masyarakat Bangsa Arab Sebelum Islam Datang
4.       Menjelaskan ruang lingkup Dinul Islam berdasarkan Qur’an dan Hadis
5.       Menyebutkan cirri-ciri khusus Dinul Islam dan dalilnya
D.      Tujuan
1.       Agar Siswa Mampu Menjelaskan Pengertian Dinul Islam
2.       Agar Siswa Mampu Menjelaskan Pentingnya Manusian Untuk Beragama dan Berkeyakinan Yang Benar
3.       Agar Siswa Mampu Menjelaskan Kondisi Masyarakat Bangsa Arab Sebelum Islam Datang.
4.       Agar siswa mampu menjelaskan ruanglingkup dinul islam berdasarkan qur’an dan hadis
5.       Supaya siswa mampu menyebutkan cirri cirri khusus Dinul Islam dan Dalilnya
E.       Materi Ajar
1. Pengertian Dinul Islam
2. Manusia Dan Agama
3. Bangsa Arab Sebelum Islam
4. Tujuan Dinul Islam
5. Ruang Lingkup Dinul Islam
6. Ciri cirri Khas Dinul Islam
F.        Metode Pembelajaran
Metode :             Ceramah, Tanya Jawab Dan Diskusi
G.   Kegiatan Pembelajaran
        1. Pertemuan Pertama (45 Menit)
•Pendahuluan (5 Menit)
Pembuka
1.       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam
2.       Guru mengajak siswa untuk membaca basmalah                            
3.       Guru menanyai kondisi siswa baik yang hadir maupun tidak hadir
Motivasi Dan Apersepsi
Guru Memberika Semangat dan Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Supaya Dalam Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Maksimal. Guru Menyamakan persepsi siswa dalam pelajarana yang akan dipelajari bersama dan menanyakan pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya.
•Kegiatan Inti (30 Menit)
1. Eksplorasi
a. Siswa mempersiapkan buku tulis dan buku modul
b. Siwa membentuk kelompok belajar
c. Siswa mendapatkan kartu soal yang berbeda dengan bentuk kartu yang berbeda
d. Siswa membentuk kelompok baru yang sama dengan bentuk kartu soal
e. siswa berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal  yang berkaitan dengan pedoman dalam menyimpulkan Dinul Islam yang terkandung dalam Al Qur’an, menyebutkan nama lain dinul islam yang tercantum dalam ayat Al Qur’an, menjelaskan terminology dinul islam baik yang umum maupun yang khusus.(karakter : kerjasama, menambah tsaqofaf islamiyah dan keimanan.)
2. Elaborasi
f. Siswa mencatat hasil tugas diskusi kelompok tentang pedoman dalam menyimpulkan Dinul Islam yang terkandung dalam Al Qur’an, menyebutkan nama lain dinul islam yang tercantum dalam ayat Al Qur’an, menjelaskan terminology dinul islam baik yang umum maupun yang khusus(karakter : memahami hakekat dinul islam)
g. Siswa membuat hasil laporan sementara dari tugas kelompok
h. Siswa membuat hasil kerja kelompok dengan rapid dan sistematis
3. konfirmasi
a. Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi  kelompok (karakter : percaya diri)
b. Siswa dari kelompok lain menanggapi dari hasil presentasi kelompok pertama (karakter : menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri)
c. Siswa dari kelompok lain bergantian mempresentasikan tugasnya dan kelompok pertama menggapinya.
d. guru memberikan apresiasi, masukan jawaban yang belum terjawab dan membenarkan jawaban yang salah ((karakter : menghargai hasil orang lain)
 •Penutup (10 Menit)
a. Guru memberikan penghargaan bagi siswa
b. guru membimbing siswa menyimpulkan hasil soal tugas
c. guru dan siswa mengakhiri pertemuan
2, Pertemuan Kedua. (45 Menit)        
•Pendahuluan                                (5 Menit)
Pembuka
              Guru mengawali pertemuan dengan membaca salam, membaca basmalah dan di teruskan dengan berdoa bersama
Motivasi dan Apersepsi
Guru Memberika Semangat dan Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Supaya Dalam Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Maksimal. Guru Menyamakan persepsi siswa dalam pelajarana yang akan dipelajari bersama dan menanyakan pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya.
•Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a. siswa mempersiapakan buku tulis dan buku modul
b. Siswa mentadaburi dan menelaah bagaimana hakekat manusia dan hubungannya dengan agama, serta menggambarkan keadaan dimana kondisi masyarakat arab sebelum islam .(karakter: menambah keimanan dan prihatin)
c. guru memberikan penjelasan tentang tujuan Dinul Islam dan memberikan contoh keadaan kehidupan tujuan dinul islam
d. guru menjelaskan ruang lingkup dinul islam dan siswa menghayati hadis Jibril menemui nabi untuk mengajarkan Agama.
e. guru menjelaskan ciri ciri khusus Dinul Islam dan siswa menyebutkan cirri cirri khas dinul Islam
2. Elaborasi
a . siswa mencatat hasil telaahnya dan membandingkan denganteman tempat duduknya
b. siswa siswa merangkum hasil bandingannya (karakter : saling menghargai)
3. Konfirmasi
a.sebagian  siswa mempresentasikan hasil telaahnya(karakter. pErcaya diri)
•penutup (10 Menit)
Guru dan siswa mengakhiri pertemuan proses belajar mengajar dengan membaca hamdalah, kemudian mengakhiri dengan salam.
H       Penilaian Hasil Belajar
NO
Tekhnik
Bentuk
Instrumen
Kunci Jawaban
1
Lisan
Uraian
1. Terangkan makna hakekat manusian dengan agama
Manusia ialah makhluk yang berakal yang memiliki fitrah yaitu potensi untuk mencari kepercayaan dalam hidupnya. Manusia juga mengakui adanya kekuasaan yang besar di luar dirinya
2
Tulis
Uraian
2. Jelaskan bagaimana kondisi kehidupan bangsa arab sebelum kedatangan Islam
Kebiasaan dalam kehidupannya ialah meminum khomr dan tidak mengenal lembaga perkawinan. Bahkan masyarakat arab dalam hal beragaman tidak memiliki agama yang resmi atau formal, mereka hanya mengutamakan kehormatan kesukuannya di antara mereka.
3
Tulisan
Uraian
3. Jelaskan Definisi Dinul Islam
Adalah agama yang di syari’atka Allah SWT dengan perantara nabu Muhammad SAW yang berupa perintah-perintah dan petunjukuntuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat
          Penilaian            : Skor tiap nomor 10-100. Missal 300/3 =100
I.       Sumber  belajar, Media dan Alat
          1. Sumber Belajar
          Muhaimin, Pendidikan Aqidah 10 SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH, 2010. Majlis Dikdasmen PWM DIY. Hal 15-22
          2. Media            : Papan Tulis , With Board, Power point
          3. Alat                 : Spidol, Gambar, kertas

Yogyakarta 10 September2011

               Mengetahui                                                                                                   Mahasiswa PPL
          Guru Pembimbing

    Abdul Hopid S.Pd.I, . M.Ag                                                                                Husain Rusli Hidayat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar