Rabu, 30 November 2011

RPP AQIDAH SMA MUHAMMADIYAH KELAS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajara                    :  Aqidah
Satuan Pendidikan          : SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Kelas/Semester                               : XI/Ganjil
Jumlah pertemuan         : 2 × 45 Menit
Pertemuan                         :
A.      Standar Kompetensi
Meningkatkan Keimanan Kepada Kitab Allah SWT
B.      Kompetensi Dasar
Memahami dan Mengimani Kitab-Kitab Allah dan Mengamalkannya
C.      Indikator
1.       Menjelaskan kitab yang wajib diimani
2.       Menyebutkan fungsi diturunkannya kitab Allah
3.       Menyebutkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah
D.      Tujuan
1.       Agar Siswa Mampu Menjelaskan kitab yang wajib di imani
2.       Agar Siswa Mampu Menyebutkan fungsi di turunkannya kitab Allah
3.       Agar Siswa Mampu Menyebutkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah
E.       Materi Ajar
1. Kitab-kitab Allah yang wajib diimani
2. Fungsi diturunkannya kitab-kitab Allah
3. Hikmah iman kepada kitab-kitab Allah
F.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Kontekstual, Kolektif dan Individual
2.       Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Game
G.   Kegiatan Pembelajaran
        1. Pertemuan Pertama (45 Menit)
•Pendahuluan (5 Menit)
Pembuka
1.       Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam
2.       Guru mengajak siswa untuk membaca basmalah                            
3.       Guru menanyai kondisi siswa baik yang hadir maupun tidak hadir
Motivasi Dan Apersepsi
Guru Memberika Semangat dan Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Supaya Dalam Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Maksimal. Guru Menyamakan persepsi siswa dalam pelajarana yang akan dipelajari bersama dan menanyakan pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya.
•Kegiatan Inti (30 Menit)
a. Guru menampilkan materi kitab kitab Allah yang wajib diimani dari tayangan power point
b. Guru Menjelaskan tentang macam-macam kitab yang wajib diimani. Kitab Taurat ialah kitab suci yang diturunka Allah SWT kepada nabi Musa as. Kitab Zabur kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Daud as. Kitab Injil yang Allah turunka pada Nabi Isa as. Kitab Al Q ur’an adalah kitab suci yang Allah turunkan pada Nabi Muhammad SAW.
c. guru membuka kesempatan alokasi waktu untuk Tanya jawab mengenai bahan ajar materi yang telah di sampaikan.
 •Penutup (10 Menit)
Guru dan siswa mengakhiri pertemuan proses belajar mengajar dengan membaca hamdalah, kemudian mengakhiri dengan salam
2, Pertemuan Kedua. (45 Menit)        
•Pendahuluan                                (5 Menit)
Pembuka
              Guru mengawali pertemuan dengan membaca salam, membaca basmalah dan di teruskan dengan berdoa bersama
Motivasi dan Apersepsi
Guru Memberika Semangat dan Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Supaya Dalam Proses Pembelajaran Berjalan Dengan Maksimal. Guru Menyamakan persepsi siswa dalam pelajarana yang akan dipelajari bersama dan menanyakan pelajaran yang telah di sampaikan sebelumnya.
•Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Guru memberikan serangkaian ilustrasi tentang fungsi diturunkannya kitab-kitab Allah, supaya siswa termudahkan untuk memahami fungsi di turunkannya kitab kitab Allah SWT.
b. Siswa melafalkan dalil-dalil Al Qur’an tentang fungsi diturunkannya kitab Allah SWT
c. guru memberikan stimulus tentang makna Hikmah supaya siswa menjadi mudah untuk menjabarkan hikmah iman kepada kitab kitab Allah
Elaborasi
a. siswa menuliskan/menyebutkan hasil pemahamannya tentang fungsi diturunkannya kitab kitab Allah
b. guru menunjuk siswa untuk melafalkan atau menuliskan dalil al qur’an tentang fungsi diturunkannya kitab kitab allah.
c. siswa memberikan penjabaran hikmah iman pada kitab kitab allah
Konfirmasi
a. siswa menyebutkan hasil pemahamannya dari fungsi diturunkannya kitab kitab Allah
b. siswa menuliskan penjabarannya dari hikmah iman pada kitab kitab Allah.
c. guru memberikan apresiasi pada siswa yang mampu dan sesuai dengan apa yang dipaparkan dengan hasil sebenarnya
d. guru membetulkan hasil siswa dari pemaparannya yang salah.
 •Penutup (10 Menit)
Guru dan siswa mengakhiri pertemuan proses belajar mengajar dengan membaca hamdalah, kemudian mengakhiri dengan salam
•penutup (10 Menit)
Guru dan siswa mengakhiri pertemuan proses belajar mengajar dengan membaca hamdalah, kemudian mengakhiri dengan salam.

 H      Penilaian Hasil Belajar
NO
Tekhnik
Bentuk
Instrumen
Kunci Jawaban
1
Lisan
Uraian
1. Terangkan fungsi diturunkannya kitab-kitab Allah
Menjadikan pedoman badi kehidupan individu dan memberikan kedamaian serta ke tentraman hidup bagi masyarakat Negara dan bangsa
2
Tulis
Uraian
2. Jelaskan hikmah iman kepada kitab kitab Allah
membuktikan bahwa Allah adalah maha pengasih dan penyayang kepada umat manusia
hidup manusia akan tenang dan damai karena mengikuti perintahnya dalam kitabnya
3
Tulisan
Uraian
3. sebutkan kitab kitab yang wajib di imani
Kitab Taurat, Kitab Zabur Kitab Injil Kitab Al Qur’an
          Penilaian            : Skor tiap nomor 10-100. Missal 300/3 =100
I.       Sumber  belajar, Media dan Alat
          1. Sumber Belajar
          Slamet Fauzan, Pendidikan Aqidah 11 SMA/SMK/MA MUHAMMADIYAH, 2009. Majlis Dikdasmen PWM DIY. Hal 9-22
          Sayid Sabiq, Aqidah Islam Pola Hidup Manusia Beriman,2010. Diponegoro Bandung. Hal 254-275
          2. Media            : Papan Tulis , With Board,
          3. Alat                 : Spidol,

Yogyakarta 10 September2011

               Mengetahui                                                                                                   Mahasiswa PPL
          Guru Pembimbing


                Abdul Hopid                                                                                               Husain Rusli Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar